Kamis, 27 Maret 2014

Kandang untuk ternak kenari 2

Melanjutkan posting terdahulu tentang ragam dan jenis kandang untuk ternak kenari, Bagi para sahabat kicau yang belum membaca silahkan lihat dulu disini ya...
Ok..lanjut ke pokok pembahasan..
Kandang untuk ternak kenari terbagi dalam beberapa model, Yg pertama sudah kita bahas sebelumnya yaitu model tunggal. Kali ini kita bahas kandang ternak kenari system koloni yg memang masih awam dan belum banyak yg melakukan penagkaran kenari dengan cara ini. Adapun contohnya adalah seperti di bawah ini:

Banyak keuntungan yg didapat dengan beternak kenari dengan system koloni :
  1. Dengan ruang yang lebih besar tentu saja akan membuat kenari menjadi lebih sehat dan tidak mengalami obesitas,karena kenari lebih leluasa dalam bergerak.
  2. Selain masalah kesehatan hal ini juga mempengaruhi masalah pertumbuhan biologis yg menjadikan kenari akan lebih mudah birahi (secara psikologis ini tentu dipengaruhi oleh burung yang lebih bebas)
  3. Masa produksi induk betina biasanya sehabis bertelur lalu mengerami selama 14hr,setelah menetas anakan yg berumur 20-25 hari kalau dkandang penangkaran jenis tunggal,anakan baru akan turun sarang. Hal ini tidak terjadi dikandang dgn system koloni,karena kalau dikandang tunggal hanya induk sendiri yg memberi makan ke anak,hal ini tidak terjadi dikandang jenis koloni. Pejantan dan bahkan kakak/betina lain yg masih muda pun akan mau memberi makan ke anak kenari. Disinilah keuntungan bagi si induk betina yg punya waktu lebih luang dan akan membuat cepat induk betina untuk bertelur lagi dan bisa terjadi dihari ke 20 sudah bertelur lagi.
Masih banyak keuntungan yg bisa didapat dgn kandang/penangkaran system koloni. Namun juga perlu dipahami bahwa setiap teknik/system tentu saja juga akan ada kelemahanya,kelemahan system koloni ini diantaranya : 
  1. Kurang mudahnya mengontrol masing masing burung,terutama tentang kesehatanya (karena dgn cara koloni burung yg sebenarnya sakit akan terlihat sehat-sehat saja terkecuali burung tersebut sudah sakit parah) Maka dari itu perlu ketelitian yg ekstra dalam memperhatikan kesehatan burung.
  2. Apabila salah satu burung terserang penyakit dan kita kurang memeperhatikan dan tidak segera mengisolasi burung yg sakit,tentu saja ini sangat berbahaya,karena burung yg sakit akan dengan segera menularkan penyakit yg dideritanya kepada burung yang lain.
Kelebihan dan kekurangan yang saya sebutkan diatas tentu saja masih banyak kekurangan,maka dari itu saya pribadi sangat mengharapkan masukan dari semua rekan kicau mania,terutama temen 
-temen yg sudah menjalani penangkaran kenari dgn system koloni.

Tidak ada komentar: